cover
Contact Name
Made Gautama Jayadiningrat
Contact Email
jpppjournal@undiksha.ac.id
Phone
+6287762961886
Journal Mail Official
gtm_jd@yahoo.co.id
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
ISSN : 19797109     EISSN : 26154498     DOI : 10.23887/jppp.v4i3
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development. p-ISSN : 1979-7109 (Print) and e-ISSN : 2615-4498 (Online)
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2018): April 2018" : 3 Documents clear
Pemaknaan Bank Sampah Galang Panji sebagai Media Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS Agustini, Tini
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 2, No 1 (2018): April 2018
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v2i1.15333

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (a) hal-hal yang melatarbelakangi Bank Sampah Galang Panji dilihat dari perspektif ilmu-ilmu sosial, (b) sistem pengelolaan Bank Sampah Galang Panji, dan (c) pengimplementasian Bank Sampah Galang Panji sebagai media  pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 4 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Adapun informan kunci penelitian ini adalah: pendiri dan sekaligus Manager Bank Sampah Galang Panji, tokoh masyarakat Panji, nasabah bank sampah, guru dan siswa SMPN 4 Singaraja. Dalam penelitian ini sampel penelitian ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Pada kegiatan wawancara dalam rangka pengumpulan data, informan kunci diperluas dengan teknik snowball. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, kuesioner, dan studi dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dengan mengikuti  beberapa tahapan seperti reduksi data, menyajikan, menafsirkan, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara historis cikal bakal berdirinya Bank Sampah Galang Panji berasal dari dua orang pemuda Dusun Kelod Kauh, Desa Panji yang bergabung dalam Pemuda Peduli Lingkungan Bali (PPLB) dan melalui perjuangan yang gigih akhirnya pada bulan Oktober 2014 Bank Sampah yang diberi nama Bank Sampah Galang Panji berdiri secara resmi, (2) Bank Sampah Galang Panji dikelola oleh pengurus yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Buleleng dan didukung oleh Surat Keputusan Perbekel Desa Panji; yang mana pengelolaan Bank Sampah Galang Panji dilakukan secara sederhana karena tidak memiliki deskripsi tugas, dewan pengawas, serta anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, dan (3) pengimplementasian Bank Sampah Galang Panji sebagai media pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di SMPN 4 Singaraja dilakukan secara terintegrasi, terdapat enam strategi yang dapat dilakukan untuk pengimplemenntasian bank sampah sebagai media pendidikan karakter.
Pengaruh Model Pembelajaran Pair Check Berbasis Penilaian Kinerja terhadap Kompetensi Pengetahuan PKn Rahayuni, Arni
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 2, No 1 (2018): April 2018
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v2i1.15339

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Pair Check berbasis penilaian kinerja terhadap kompetensi pengetahuan PKn siswa kelas IV SDN Gugus Pattimura Denpasar Selatan tahun pelajaran 2017/2018. Desain penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus Pattimura Denpasar Selatan yang berjumlah 301 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel yang didapatkan disetarakan terlebih dahulu menggunakan teknik matching. Penentuan kelompok eksperimen dan  kelompok kontrol dilakukan dengan cara mengundi sehingga diperoleh siswa kelas IV SDN 1 Sesetan dengan jumlah 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SDN 18 Sesetan dengan jumlah 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa yang berjumlah 31 butir tes yang telah di validasi. Data kompetensi pengetahuan PKn  dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung = 3,870 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 58 diperoleh nilai ttabel = 2,000 sehingga thitung =  3,870 > ttabel = 2,000. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Pair Check berbasis penilaian kinerja terhadap terhadap kompetensi pengetahuan PKn siswa kelas IV SDN Gugus Pattimura Denpasar Selatan tahun pelajaran 2017/2018.
Hubungan Efikasi Diri dengan Kematangan Karir Siswa Claudia, Lorensia
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 2, No 1 (2018): April 2018
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v2i1.15334

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk menguji hubungan antara efikasi diri dengan kematangan karir. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan kematangan karir. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 181 siswa kelas X SMK PGRI 2 Salatiga. Pengumpulan data menggunakan dua jenis skala, yaitu skala efikasi diri dan skala kematangan karir. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan korelasi kendall’s tau-b, dan pengolahan datanya menggunakan progam SPSS for Windows 20.0 version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan kematangan karir pada siswa kelas X di SMK 

Page 1 of 1 | Total Record : 3